Selasa, 01 Mei 2012

Batik Tenun Serat Pisang, Warna Alam


kain batik tenun alam
Ditengah gempuran motif batik dan tenun yang semakin variatif , perancang muda Rosso justru meluncurkan koleksi kain tenun berbahan serat pisang. Sebagai perancang yang lama bergulat dengan warna alam, kain serat pisang ini nantinya akan diaplikasi dengan batik warna alamnya. Kain tenun serat alam bisa jadi menjadi material baru yang diburu dewasa ini mengingat pasar mode nasional selalu menginginkan hal baru. Nah serat alam yang diolah Rosso adalah serat pelepah pisang. Ketelatenan dalam mengolah limbah alam ini membawa hasil sebuah kain baru yang mengkilap sekaligus berkesan etnik. Serat pisang benar benar diambil ari pelepah pohon pisang. Dengan proses peyeratan dan memilin satu persatu benang pelepah ini, Rosso menenunnya bersama benang katun. Hasilnya tenun pisang ini tak saja unik namun juga memiliki tingkat keuletan yang tinggi. Seperti kain katun dan sutra lain, tenun serat pisang ini ternyata memiliki kekhasan saat diwarna dengan warna alam dan dibatik dengan teknik jumputan.

bahan pewarna alam
Dalam lembar lembar kain ini Rosso masih bereksperimen hingga penggunaan 60 persen untuk kain serat pisang untuk menjadi sebuah busana.

tenun warna alam
Serat serat alam menjadi kekuatan desain baru tahun 2010. Temuan serat dan pengembangannya dalam dunia mode menjadi potensi yang patut dikembangkan. Tertarik dengan busana kain serat pisang, coba aja menerapkannya menjadi gaya busana anda. Pastikan galeri mode menjadi inspirasi dalam berbusana dan wujudkan penampilan anda lebih prima.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar