Rabu, 02 Mei 2012

Proses Pembuatan Batik Tulis



Menurut sejarahnya, batik berasal dari zaman nenek moyang yang dikenal sejak abad ke-17 yang ditulis dan dilukis pada daun lontar. Pada zaman tersebut, motif batik yang terkenal adalah motif hias binatang dan tumbuhan.

Menurut proses pembuatannya, tehnik membatik dibedakan menjadi batik tulis, batik printing, dan batik cap. Berikut ini adalah proses pembuatan batik tulis:

Alat- alat yang diperlukan:
  • Canting --> canting adalah alat untuk membatik. Biasanya terbuat dari bahan tembaga yang ujungnya menyerupai paruh burung
  • Gawangan --> adalah tempat untuk meletakkan kain yang akan dibatik. Gawangan dapat terbuat dari kayu atau bambu
  • Wajan --> berupa wajan kecil untuk mencairkan malam atau lilin. Wajan ini bisa terbuat dari tembaga atau tanah liat
  • Anglo / kompor kecil--> digunakan untuk memanaskan wajan
  • Malam/lilin --> malam batik terbuat dari campuran berbagai jenis bahan yang berupa gondorukem, lemak minyak kelapa, dan parafin
  • Bahan pewarna --> biasa juga disebut sebagai wedel atau tom

Proses pembuatan batik tulis:
  1. Siapkan kain, buat motif diatas kain dengan menggunakan pensil
  2. Setelah motif selesai dibuat, sampirkan kain pada gawangan
  3. Nyalakan kompor/anglo. Taruh malam/lilin ke dalam wajan dan panaskan wajan dengan api kecil sampai malam mencair sempurna. Biarkan api tetap menyala kecil
  4. Mulailah membatik dengan cara ambil sedikit malam cair dengan menggunakan canting, tiup-tiup sebentar biar tidak terlalu panas, kemudian goreskan canting dengan mengikuti motif yang telah ada. Hati-hati jangan sampai malam yang cair menetes diatas permukaan kain karena akan mempengarufi hasil motif batik
  5. Setelah semua motif tertutup malam, maka proses selanjutnya adalah proses pewarnaan
  6. Siapkan bahan pewarna di dalam ember, kemudian celupkan kainnya ke dalam larutan pewarna dengan menggunakan kuas, ulangi sampai beberapa kali.
  7. Tahap selanjutnya adalah proses penghilangan lilin batik dengan cara pengerakan dan melarod
  8. Tahap terakhir dari proses pembuatan batik ini adalah proses pencucian dan penjemuran.
     

Video proses pembuatan batik

Dalam video ini akan diperlihatkan secara rinci proses pembuatan batik
(indahf/Carapedia)


Pencarian Terbaru (100)
Proses pembuatan batik. Cara membuat batik tulis. Cara pembuatan batik. Proses pembuatan batik tulis. Cara membuat batik. Cara pembuatan batik tulis. Pembuatan batik tulis.
Proses produksi batik. Proses membuat batik. Proses membatik. Proses produksi. Cara membatik. Proses membuat batik tulis. Proses membatik tulis.
Proses pembuatan batik cap. Cara membatik tulis. Proses pewarnaan batik. Teknik batik. Teknik batik tulis. Cara membatik dengan canting. Motif batik keris.
Langkah langkah membatik. Alat dan bahan batik tulis. Teknik membatik tulis. Alat membuat batik. Langkah langkah membuat batik tulis. Bahan pembuatan batik. Proses produksi batik tulis.
Teknik pembuatan batik tulis. Teknik membuat batik. Alat dan bahan membatik. Bahan membatik. Proses pembuatan batik keris. Alat dan bahan pembuatan batik cap. Alat dan bahan pembuatan batik tulis.
Teknik membuat batik tulis. Bahan batik tulis. Alat batik tulis. Tahapan pembuatan batik tulis. Proses produksi batik cap. Motif hias daerah dan cara pembuatannya. Membuat batik tulis.
Gambar proses membatik. Cara pembuatan batik cap. Cara pembuatan batik berserta alat dan bahan. Motif batik hewan. Gambar proses pembuatan batik. Gambar proses membuat batik. Cara pembuatan batik keris.
Cara membuat batik keris. Langkah langkah pembuatan batik. Proses dan cara pembuatan batik. Alat alat membuat batik. Alat produksi batik. Pengertian medel dalam pembuatan batik. Definisi motif hias.
Alat dan bahan pembuatan batik. Membatik tulis. Pengertian teknik dasar pembuatan batik. Cara membuat batik cap. Motif batik tulis. Alat alat batik. Gambar langkah membuat batik.
Maksud batik dan cara pembuatan nya. Produksi batik. Sejarah teknik batik tulis. Teknik pembuatan batik. Pembuatan batik. Cara dan teknik pembuatan batik tulis. Gambar cara membuat batik.
Sejarah teknik batik. Sejarah batik dan cara pembuatannya. Alat untuk membuat batik tulis. Proses pembuatan batik beserta gambar. Alat membuat batik tulis. Video pembuatan batik. Gambar proses produksi.
Pembuatan batik kalimantan. Cara membatik cap. Tahap tahap pembuatan batik tulis. Teknik alat dan cara pembuatan batik. Langkah langkah membuat batik. Gambar membuat batik. Tahap pembuatan batik tulis.
Alat membatik. Bahan membuat batik tulis. Cara membuat batik dan gambarnya. Membuat batik. Alat dan bahan serta cara pembuatan keris. Cara dan bahan pembuatan batik. Peralatan batik tulis.
Cara membuat batik dan contohnya. Bahan bahan membatik. Bahan dan alat membatik. Video cara membatik. Langkah langkah membatik tulis. Cara membuat batik beserta gambarnya. Teknik dan cara pembuatan batik.
Bahan pembuat batik. Panduan membatik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar